Contoh Pemrograman JAVA Menggunakan NetBeans IDE
Hy Guys.. Welcome Back Here..
Tanpa Basa basi sekarang kita akan berusaha memahami cara penerapan Program JAVA menggunakan NetBeans IDE.. Kita Langsung ke contoh permasalahan saja..
Cekibroooot...
>> Disini kita akan membuat contoh Form penjualan Mobil seperti gambar berikut ini
Tanpa Basa basi sekarang kita akan berusaha memahami cara penerapan Program JAVA menggunakan NetBeans IDE.. Kita Langsung ke contoh permasalahan saja..
Cekibroooot...
>> Disini kita akan membuat contoh Form penjualan Mobil seperti gambar berikut ini
Cukup sederhana kan? :)
Baiklah langkah pertama dalam proses pembuatan Form Mobil tersebut adalah
>> Buka Aplikasi NetBeans IDE nya..
>> Lalu Pilih File - New Project, pada kolom Categories Pilih Java dan Java Application, Next
>> Tentukan Nama Projectnya (bebas), lalu beri tanda chek pada Set As Main Project, Finish..
>> Kemudian Klik kanan pada Default Package, Pilih New - Java Class, tentukan nama class sesuka hati anda.. Finnish..
>> Setelah itu mulai lam mengdisain Form anda sesuai dengan gambar
di atas dengan cara men-Drag button2 yang ada pada coloum Palette
sesuai kebutuhan.
>> Langkah selanjutnya mulai memberikan nama Variable pada masing2 button (diusahakan yang mudah untuk di ingat oleh anda)
Pendeklarasian Program (Listing)
Sebelumnya kita harus mendeklarasikan Variabel yang akan kita gunakan, ketikan Listing dibawah ini pada Kepala Program..
public class mobil extends javax.swing.JFrame {
int ac,central,kaca,total,bayar,harga;
Nahh, saatnya kita memulai memasukan program Java ke dalam button..
Untuk Button Combobox..
>> Klik 2x pada Button, lalu ketikan Listing berikut ini
private void cmbkodeActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { if(cmbkode.getSelectedItem().equals("MAV01")){
tfnama.setText("AVANZA");
harga=125000000;
tfharga.setText(String.valueOf(harga));
if(tftotal.getText().equals("")){
bayar=0;
}
else
{
bayar=Integer.parseInt(tftotal.getText());
}
total = bayar + harga;
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
else if(cmbkode.getSelectedItem().equals("MXE02")){
tfnama.setText("XENIA");
harga=115000000;
tfharga.setText(String.valueOf(harga));
if(tftotal.getText().equals("")){
bayar=0;
}
else
{
bayar=Integer.parseInt(tftotal.getText());
}
total = bayar + harga;
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
else if(cmbkode.getSelectedItem().equals("MIN03")){
tfnama.setText("INNOVA");
harga=135000000;
tfharga.setText(String.valueOf(harga));
if(tftotal.getText().equals("")){
bayar=0;
}
else
{
bayar=Integer.parseInt(tftotal.getText());
}
total = bayar + harga;
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
}
>> Untuk RadioButton (kita permisalkan rd1 & rd2) ketikan Listing berikut ini..
private void rd1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(rd1.isSelected()){
int a=Integer.parseInt(tfharga.getText());
int b = 20000;
int c = a+b;
tfbayar.setText(String.valueOf(b));
tftotal.setText(String.valueOf(c));
}
}
private void rd2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(rd2.isSelected()){
int a=Integer.parseInt(tfharga.getText());
int b = 10000;
int c = a+b;
tfbayar.setText(String.valueOf(b));
tftotal.setText(String.valueOf(c));
}
}
>> Beralih untuk Listing CheckBox (kita permisalkan nama Variabel nya ch1, ch2 & ch3) Listingnya adalah:
private void ch1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(ch1.isSelected()){
ac = 20000;
total=ac+central+kaca+bayar+harga;
tfac.setText(String.valueOf(ac));
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
else
{
ac = 0;
total=ac+central+kaca+bayar+harga;
tfac.setText(String.valueOf(ac));
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
}
private void ch2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(ch2.isSelected()){
central = 10000;
total=ac+central+kaca+bayar+harga;
tfcentral.setText(String.valueOf(central));
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
else
{
central=0;
total=ac+central+kaca+bayar+harga;
tfcentral.setText(String.valueOf(central));
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
}
private void ch3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(ch3.isSelected()){
kaca = 20000;
total=ac+central+kaca+bayar+harga;
tfkaca.setText(String.valueOf(kaca));
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
else
{
kaca=0;
total=ac+central+kaca+bayar+harga;
tfkaca.setText(String.valueOf(kaca));
tftotal.setText(String.valueOf(total));
}
}
>> Dan terakhir untuk Button Bersih & Keluar, Ketikan Listing berikut ini:
private void jbbersihActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
tfnama.setText("");
tfharga.setText("");
tfharga.setText("");
tfcentral.setText("");
tfac.setText("");
tfkaca.setText("");
tftotal.setText("");
tfbayar.setText("");
ch1.setSelected(false);
ch2.setSelected(false);
ch3.setSelected(false);
buttonGroup1.clearSelection();
}
private void jbkeluarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
System.exit(0);
}
Maka Hasilnya sebagai contoh akan tampak kurang lebih seperti ini :
Demikian lah contoh pemrograman Java menggunakan Aplikasi NetBeans IDE..
Kami menerima Masukan, kritik atau saran. silahkan Comment pada form di bawah ini..
Big Huggs
Achmad Wira Wiguna
Rabu, 28 Maret 2012
Implementasi Method dan Parameter (Membuat Segitiga Bintang Bernilai 4)
Setelah
kita ber wara-wiri tentang Method dan Parameter, alangkah baiknya
apabila kita bisa meng implementasikannya (Menerapkannya pada Java)..
Oke kita mulai saja..
Untuk contoh yang pertama Kita akan Membuat Segitiga Bintang Bernilai 4
Sebelumnya, untuk membuat Segitiga Bintang Bernilai 4, kita harus menerapkan penggunaan Method, Parameter dan Perulangan..
Listingnya sebagai berikut:
Dan Outputnya Sebagai Berikut:
Penjelasan:
Oke kita mulai saja..
Untuk contoh yang pertama Kita akan Membuat Segitiga Bintang Bernilai 4
Sebelumnya, untuk membuat Segitiga Bintang Bernilai 4, kita harus menerapkan penggunaan Method, Parameter dan Perulangan..
Listingnya sebagai berikut:
Dan Outputnya Sebagai Berikut:
Penjelasan:
- Jadi "public class bintang" ini mendeklarasikan sebuah Class dengan nama "bintang"
- dan "public static void cetakbintang()" ini mendeklarasikan sebuah Method dengan nama "cetakbintang" tanpa adanya suatu parameter
- untuk :
for (a=0;a<6;a++)
{
System.out.println();
for(b=a;b<6;b++)
{System.out.print("*");}
}
}
Adalah mendeklarasikan suatu isi dari sebuah Method, yang mana disini
menggunakan rumus perulangan FOR, yang dimana jika a=0,a<6 maka a
akan ditambah 1 (a++), kemudian untuk b=a,b<6 maka b akan ditambah 1
juga (b++), setelah itu tercetaklah bintang (*).
- kemudian untuk "public static void main(String[] args)" ini mendeklarasikan suatu Method inti tersebut dengan Parameter berupa "String"
- pada paragraf terakhir seperti ini
{
System.out.println("Segitiga Bintang Bernilai 4");
System.out.println();
cetakbintang();
System.out.println("\n");
}
Menyatakan suatu keluaran (Output) dan pemanggilan Method.
Demikian sedikit Implementasi Method dan Parameter pada Java, semoga dapat membantu...
Hormat saya,
Wira
Pengenalan Method dan Parameter
Hy All..
Dalam pembahasan kali ini saya akan sedikit menyinggung tentang Method dan Parameter yang berada pada JAVA.. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu Method dan Parameter? dan apa fungsinga.. oleh karena itu kita langsung aja ke
TKP ------->>>
Dalam pembahasan kali ini saya akan sedikit menyinggung tentang Method dan Parameter yang berada pada JAVA.. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu Method dan Parameter? dan apa fungsinga.. oleh karena itu kita langsung aja ke
TKP ------->>>
Apa Itu Method?
Method
atau fungsi dalam java adalah suatu cara untuk memecah program menjadi
beberapa bagian, sehingga ketika mengerjakan program tersebut bisa
dilakukan pembagian tugas kepada beberapa orang. Ketika kita sudah
mendevelop program dalam sekala besar maka kita perlu menggunakan yang
namanya method.
"Apabila bahasa diatas masih sangat sulit untuk dipahami, mari kita menggunakan pengertian yang mudah"
Jadi,
Sebuah Method pada Java adalah serangkaian pernyataan yang melakukan
beberapa tugas yang diulang-ulang, Dengan kata lain, misalkan kita ingin
menulis 10 baris kode, kita dapat meletakan 10 baris kode itu dalam
sebuah Method, dan kita hanya perlu memanggilnya dalam satu baris Method
saja (Seperti Diperingkas)..
Sebagai contoh jika kita harus berulang kali menampilkan header seperti:
System.out.println ("Produksi Feral"); System.out.println ("Untuk semua Video Hutan anda"); System.out.println ("427 Way Blackbutt"); System.out.println ("Chaelundi Hutan"); System.out.println ("NSW 2473"); System.out.println ("Australia");Kita bisa menempatkan semuanya dalam metode seperti ini:
publik printHeader static void () { System.out.println ("Produksi Feral"); System.out.println ("Untuk semua Video Hutan anda"); System.out.println ("427 Way Blackbutt"); System.out.println ("Chaelundi Hutan"); System.out.println ("NSW 2473"); System.out.println ("Australia"); }Dan untuk memanggilnya kita hanya perlu menulis:
printHeader ();
Maka Header itupun akan tercetak seluruhnya..
Mudah kan?? :)
Apa Itu Parameter?
Secara garis besar Parameter adalah Suatu Nilai yang dapat diubah ubah dari luar untuk menentukan hasil yang akan di tampilkan.
Sebagai analogi, kita ambil contoh sebuah AC yang berguna untuk mengatur suhu ruangan pada suhu yang konstan. AC memiliki parameter yaitu tombol remote yang digunakan untuk memasukkan suhu yang diinginkan. AC selalu mempunyai tugas yang sama, yaitu sebagai pengatur suhu ruangan. tugas persis yang dilakukan sesuai dengan suhu yang diterima dari remote kontrol.
Dari analogi diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa ada 4 faktor yang mempengaruhi kinerja AC tersebut, yaitu;
1. Sender, yaitu remote sebagai objek pengirim
2. Reciever, yaitu AC sebagai objek penerima
3. Message, yaitu nilai suhu yang dikirimkan objek pengirim (remote) ke objek penerima
(AC)
4. Paremeter, yaitu variable yang digunakan untuk memuat message untuk dikirimkan ke objek penerima
Ketentuan Parameter:
Parameter apabila lebih dari satu akan dipisahkan
dengan tanda koma (“,”) parameter-parameter pada fungsi-fungsi di java akan di
by pass value yang artinya pada tiap fungsi tidak akan dapat merubah isi dari
variable parameter yang dimasukan.
Jadi dengan kata lain, Method dan Parameter itu saling berhubungan atau saling melengkapi, sebai contoh :
Untuk memanggil method dapat digunakan sintaks sebagai
berikut:
namaObyek.nama_method(
[parameter] );
Listing :
class manusia {
int tinggi, berat;
void init(int x, int y) {
tinggi = x;
berat = y; }
public static
void main(String args[]) {
manusia
putri = new manusia(); //pembuatan objek
manusia
putri.init(170,50);
//memanggil method init dgn mngirim
nilai 170&50
System.out.println(“tinggi
= “+utrid.tinggi + “ berat = “+utrid.berat); }
}
out : tinggi = 170 berat = 50
Mungkin
cukup sekian aja Pengenalan tentang Method dan Parameternya.. Untuk
lebih jelas lagi mari kita lakukan praktek di Pembahasan selanjutnya..
See You Around Guys... :)
Thanks For Read this Article..
Huggss.. <3
Wira
Rabu, 21 Maret 2012
Mengenal OOP (Object Oriented Programming)
"Apakah Itu OOP?"
Pemrograman berorientasi objek merupakan konsep pemrograman untuk
memodelkan objek yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan
konsep ini membawa perubahan yang mendasar dalam konsep pemrograman
terstruktur.
Perubahan dramatis dalam konsep dasar
disebut paradigma, banyak orang yang menyebut “paradigma OOP” karena
memang OOP membawa konsep yang sama sekali berbeda dengan bahasa
pemrograman generasi sebelumnya (bahasa pemrograman terstruktur).
Konsep utama pemrograman berorientasi objek yaitu melakukan permodelan objek dari kehidupan nyata ke dalam tipe data abstrak.
Kesimpulannya :
Dengan OOP, kita dapat mengimplementasikan objekt data yang tidak hanya
memiliki ciri khas (attribut), melainkan juga memiliki metode untuk
memanipulasi attribut tersebut. Singkatnya, OOP memiliki keunggulan dari
konsep pemrograman terstruktur, selain itu juga memiliki kemampuan
untuk mengimplementasikan objek dalam kehidupan nyata.
"Apakah Keistimewaan OOP?"
OOP memiliki beberapa keuntungan dalam pemrograman, di antaranya:
- OOP menyediakan struktur modular yang jelas untuk program sehingga OOP sangat bagus digunakan untuk mendefinisikan tipe data abstrak di mana detil implementasinya tersembunyi.
- OOP akan mempermudah dalam memaintain dan memodifikasi kode yang sudah ada. Objek yang baru dapat dibuat tanpa mengubah kode yang sudah ada.
- OOP menyediakan framework untuk library kode di mana komponen software yang tersedia dapat dengan mudah diadaptasi dan dimodifikasi oleh programmer. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan GUI (Graphical User Interfaces).
Sedangkan beberapa kelemahan OOP antara lain adalah sebagai berikut:
1. Tidak memperbolehkan implementasi yang kuat pada reuse
2. Properti software tidak terikat dalam satu unit fungsional, sehingga harus
crosscut di antara komponennya.
3. Crosscut tersebut mengakibatkan sulitnya pengembangan dan pemeliharaan
"Konsep OOP"
Pemrograman orientasi-objek menekankan konsep berikut:
· Class
— kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk
suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh ‘class of dog’ adalah suatu unit
yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk
pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah
dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi
object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh
seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang
ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif)
bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan
jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah
program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan
diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan
menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun
sebaliknya.
· Object –
membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah
program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur
dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
· Abstraksi –
Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses
olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam
sistem melayani sebagai model dari “pelaku” abstrak yang dapat melakukan
kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek
lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini
diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan
beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
· Enkapsulasi –
Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam
dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek
tersebut yang diberi ijin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek
mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat
berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan
tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
· Polimorfisme melalui
pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa
orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan
dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana
pesa tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan
“gerak cepat”, dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor
singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan
berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai
dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah
variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang
berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat
memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam
pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang
mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.
"Pengimplementasian Dengan Menggunakan JAVA"
Kali ini akan membahas sedikit tentang modifier yang sering ada di Java. Ada empat macam modifier dalam java yaitu :
1. Public,
digunakan apabila object tersebut diperuntukan untuk semua class yang
artinya object tersebut dapat digunakan oleh semua class yang berkaitan
dengan object tersebut.
2. Protected, hanya bisa digunakan untuk class tersebut dan class turunannya yang dapat menggunakan object dengan modifier tersebut.
3. Private,
digunakan untuk apabila object tersebut diperuntukan hanya untuk class
tersebut dan tidak ada class lain yang diizinkan untuk menggunakan
object tersebut.
4. Default modifier (tanpa modifier), biasanya digunakan hanyak untuk method dimana object itu berada. Dengan kata lain default modifier adalah sebuah var/object lokal.
Lebih jelas tentang modifier sudah pernah saya tulis disini.
Modifier sendiri digunakan untuk dua hal, yaitu : class modifier dan method modifier.
Cara penulisan class modifier :
1 | modifier class namaClass{ |
2 | ....... |
3 | } |
Cara penulisan method modifier :
1 | modifier tipe-data namaMethod(parameter){ |
2 | ....... |
3 | } |
Contoh Program
01 | public class Mahasiswa |
02 | { |
03 | private String nama; |
04 | private String nim; |
05 | private String jurusan; |
06 |
07 | public void setNama(String nama){ |
08 | this .nama=nama; |
09 | } |
10 | public void setNim(String nim){ |
11 | this .nim=nim; |
12 | } |
13 | public void setJurusan(String jurusan){ |
14 | this .jurusan=jurusan; |
15 | } |
16 | public String getJurusan(){ |
17 | return jurusan; |
18 | } |
19 | public void tampilkan(){ |
20 | System.out.println( "Nama : " +nama+ "\n" ); |
21 | System.out.println( "Nim : " +nim+ "\n" ); |
22 | } |
23 |
24 | public static void main(String[] args) |
25 | { |
26 | Mahasiswa siswa = new Mahasiswa(); |
27 | siswa.setNama( "zahra" ); |
28 | siswa.setNim( "1130xxxxx" ); |
29 | siswa.setJurusan( "Informatika" ); |
30 | siswa.tampilkan(); |
31 | System.out.println( "Jurusan : " +siswa.getJurusan()); |
32 | } |
33 | } |
Catatan :
- this.nama=nama –> digunakan untuk memasukkan variabel inputan user ke dalam variabel nama pada public void setNama.
- Jika terdapat script “void” berarti method teresebut tidak akan mengembalikan nilai.
- public String getJurusan –> method akan mengeluarkan nilai yang direpresentasikan dengan script “return”, pada kasus ini nilai kembalian yang dikeluarkan berupa String.
- public static void main –> script inilah yang akan dijalankan atau dieksekusi.
Semoga bermanfaat 

10 komentar:
Mntap gan, mksih gan udah berbagi..
bagikode.com/java
mantapp gan,,
thankssssssssssss....
hehehe
i like
sori ya.... sekedar saran aja sih... link di parent category sama child category nya belum berjalan tuh... hanya home yang berjalan... semoga bisa diperbaiki dan lebih baik...
sesama almamater biru ...
thanx gan bermanfaat sekali........
maksih banyak yahhh
maksih sob semua tutorialnya, semoga bermanfaat . . . .
kunjungan balik
if(TBAC.isSelected()){
ac = 20000;
total=ac+central+kaca+bayar+harga;
AC.setText(String.valueOf(ac));
TOTAL.setText(String.valueOf(total));
}
else
{
ac = 0;
total=ac+central+kaca+bayar+harga;
tfac.setText(String.valueOf(ac));
tftotal.setText(String.valueOf(total
merah semua gan
Gan gimana caranya buat program mahasiswa ?
#Tq
bagaimana buat program java netbeans
keren
Posting Komentar